Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari negara-negara Arab atas komitmen Indonesia yang konsisten mendukung isu Palestina di berbagai forum serta fora global.

Penghargaan ini diberikan lewat kunjungan para Duta Besar dan perwakilan dari Kedutaan Besar Negara-negara Arab untuk Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam itu membahas perkembangan Palestina, terutama Gaza. Para Duta Besar menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam isu Palestina.

Para Duta Besar selama ini memperhatikan secara seksama semua langkah yang telah dilakukan Indonesia untuk isu Palestina.

Penghargaan tersebut antara lain disampaikan oleh Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun “Seluruh rakyat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di berbagai organisasi internasional dalam memperjuangkan Palestina,” kata Dubes Al-Shun, dikutip dari siaran pers Kemenlu RI, Selasa (2/4/2024).

Selama diskusi, Menlu Retno mengungkapkan pentingnya kesatuan sikap dan posisi dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina, serta memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung Palestina.

Untuk itu, Indonesia dan negara-negara Arab dapat fokus pada tiga hal utama. Pertama, memastikan implementasi Resolusi 2728 (2024) yang memuat isu gencatan senjata.

“Indonesia menyambut baik Resolusi tersebut. Namun demikian kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Resolusi tersebut dapat diimplementasikandan dihormati oleh Israel”, kata Menlu Retno.
Resolusi Dewan Keamanan PBB
Menlu Retno menyampaikan, sudah banyak Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina. Jika Resolusi-resolusi tersebut diimplementasikan, situasi Palestina tidak akan seperti saat ini.