“Terlebih dengan berbagai persolan perekonomian nasional dan tantangan geopolitik global,” jelas Hasto.

Dalam pernyataannya juga, dia berterima kasih kepada tiga hakim yang memposisikan diri berlawanan dengan pihak yang menolak gugatan dari paslon 01 dan 03.

Ketiga hakim konstitusi yang dimaksud Hasto adalah Arief Hidayat, Saldi Isra, dan Enny Nurbaningsih.

“Jadi kami juga mengucapkan terima kasih, mengapresiasi terhadap beberapa hakim MK yang berani menyampaikan keberanian,”puji dia.

“Untuk pertama kalinya sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi ada 3 hakim Mahkamah Konstitusi yang memberikan suatu penilaian yang secara kritisi, dissenting opinion terkait pelaksanaan Pilpres,” sambung Hasto.

Kemarin, Mahkamah Konstitusi telah memutuskan menolak seluruh petitum permohonan dalam gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh paslon 01 dan 02.

Petitum permohonan paslon 01 yang ditolak antara lain soal independensi penyelenggara pemilu, diskualifikasi Gibran Rakabuming Raka karena diduga nepotisme, bansos, netralitas aparatur negara, kesalahan DPR, perubahan hasil input data dari SIREKAP, hingga pemungutan suara ulang dengan syarat paslon 02 mengganti cawapres.

Kemudian petitum paslon 03 yang juga ditolak oleh MK antara lain adalah permintaan agar Keputusan KPU tentang hasil Pilpres dibatalkan.

Kemudian, Paslon 02 juga minta MK mendiskualifikasi Gibran Rakabuming Raka karena masalah keabsahan penetapan. Terakhir, meminta pemungutan suara ulang tanpa Prabowo-Gibran selambatnya 26 Juni 2024. []