Jakarta, ERANASIONAL.COM – Laporan kinerja McDonald’s Corp di kuartal pertama meleset dari perkiraan, terhambat oleh perlambatan pertumbuhan di AS dan dampak perang Israel-Hamas.

Pertumbuhan penjualan pada restoran sejenis (comparable sales), metrik yang melacak restoran yang beroperasi selama lebih dari satu tahun, adalah 1,9% – lebih lambat dari yang diperkirakan oleh analis yang disurvei oleh Bloomberg.

Masing-masing segmen geografis McDonald’s meleset dari ekspektasi penjualan berdasarkan metrik tersebut, termasuk sedikit penurunan di pasar AS. Unit bisnis yang mencakup Timur Tengah mencatatkan penurunan.

Saham McDonald’s turun sekitar 1,94% pada pukul 7:01 pagi dalam perdagangan pra-pasar di New York. Saham telah turun 7,7% tahun ini hingga penutupan hari Senin.

Beberapa analis telah memangkas perkiraan mereka untuk penjualan sejenis sebelum McDonald’s merilis kinerja, sebagian karena data yang menunjukkan perlambatan pengunjung. Setelah melampaui industri lainnya dalam beberapa tahun terakhir, jaringan restoran burger ini menghadapi tantangan di berbagai lini saat perusahaan memulai strategi ekspansi yang ambisius.

Eksekutif perusahaan telah memperingatkan pertumbuhan yang melambat di tengah boikot terkait perang di Timur Tengah. Pada Selasa (30/04/2024), McDonald’s memperingatkan melemahnya pendapatan “selama perang terus berlanjut.”

Konsumen berpenghasilan rendah di AS, yang merupakan bagian penting dari basis pelanggan perusahaan, juga telah berkurang, kata para eksekutif sebelumnya. Hal ini kontras dengan tren di jeringan restoran seperti Domino’s Pizza Inc, yang mengatakan frekuensi pembelian meningkat di antara demografis tersebut pada kuartal pertama. Para eksekutif diperkirakan akan memberikan detail lebih lanjut dalam laporan pendapatan pada Selasa.

Meskipun pertumbuhan penjualan sejenis melambat, perusahaan menunjukkan ekspansi 3% dalam penjualan di seluruh sistem pada kuartal tersebut. Ukuran tersebut juga mencakup restoran baru, yang merupakan kunci target perusahaan.

McDonald’s berharap menu-menu seperti Bacon Cajun Ranch McCrispy edisi terbatas akan menarik pengunjung. Mereka juga ingin menarik pelanggan ke program loyalitasnya dan dengan paket di bawah US$4 di banyak lokasi di AS.

Namun, lalu lintas pengunjung mungkin tidak meningkat secara berkelanjutan di paruh pertama tahun ini, kata analis BTIG LLC Peter Saleh dalam sebuah catatan sebelum rilis pendapatan. Dia melihat diskon, yang dapat mengikis profitabilitas, kemungkinan akan tetap ada.

Laba per saham, tidak termasuk beberapa item, adalah US$2,70 di kuartal pertama. Analis yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan US$2,72