JAKARTA – Inilah detik-detik pesawat Trigrana Air PK-YSF tergelincir terekam dalam sebuah video saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 11.26 WIB.

Tampak melalui sebuah video ada kepulan asap pada sayap kanan pesawat saat tergelincir.

Api bahkan muncul dari mesin pesawat saat menyentuh tanah. Terlihat material pesawat pun tampak jatuh dari badan pesawat.

Diketahui pesawat Trigrana tergelincir sampai keluar landasan. Pesawat kargo itu sendiri memiliki rute Jakarta-Makassar.

Berikut kronologisnya:

Pada hari Sabtu tanggal 20 Maret 2021, telah terjadi accident tergelincirnya pesawat Cargo Trigana Air, registrasi PK-YSF di landasan pacu Bandara Halim PK.

Pada pukul 10.53 WIB, Pesawat Trigana Air, registrasi PK-YSF take off dari Bandara Halim PK dengan tujuan Pontianak.

Kemudian, pukul 11.18 WIB Capt Pilot Marsa kontak ke Tower Halim untuk minta kembali ke Bandara Halim PK (Return To Base/RTB), karena ada kendala teknis.

Pukul 11.25 WIB, pesawat Cargo Trigana Air, registrasi PK-YSF landing. Namun pada saat landing pesawat tergelincir yang mengakibatkan roda depan pesawat patah.

Akibat kejadian tersebut, roda depan pesawat patah dan untuk sementara Bandara Halim PK ditutup selama 4 jam untuk evakuasi dan pembersihan TKP.

Pada foto yang beredar, tampak pesawat yang sudah berada di rumput. Terlihat juga serpihan pesawat di sekitar pesawat Trigana Air.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat ini. Setelah kejadian, pihak Angkasa Pura II mengalihkan seluruh penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. (Red)