Jakarta, ERANASIONAL.COM – Wakil Presiden (wapres) Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak tahu ihwal sosok toxic people atau orang yang memberi dampak buruk terhadap orang lain.

Diketahui hal itu dipesankan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Spesifiknya siapa? Tanyakan Pak Luhut saja. Saya kira, semua yang ada di dalam pemerintahan atau luar koalisi, ataupun mungkin mantan-mantan kontestan, siapapun berhak memberikan masukan,” kata Gibran seperti dikutip dari YouTube KompasTV, Senin 6 Mei 2024.

Wali Kota Surakarta itu mengatakan jika dirinya terbiasa berdiskusi dengan siapa saja.

Termasuk mereka yang berseberangan dalam pilihan politik.

“Dari awal sudah kami paparkan, kami siap merangkul semua, kami siap untuk menerima masukan dari semua, kami siap untuk menerima evaluasi dari semua, jadi saya kira tidak masalah,” ujar anak sulung Presiden Jokowi itu.

Sebagai inoformasi, Luhut menyarankan agar kabinet di pemerintahan Prabowo-Gibran tidak diisi oleh toxic people atau orang-orang yang memberi dampak buruk terhadap orang lain.

Menurutnya orang yang memiliki sifat toxic harus dihindari, lantaran dapat menggangu program pemerintah.

“Kepada presiden terpilih, saya katakan jangan membawa orang-orang toxic ke dalam pemerintahan Anda, karena itu akan sangat merugikan kita (Indonesia),” ujar Luhut dalam sambutannya di acara Jakarta Futures Forum di Hotel JW Marriot, Jumat 3 Mei 2025 lalu.