Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kantor Staf Presiden (KSP) menjalankan program berkelanjutan masa depan, dengan menyiapkan regenerasi petani.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) TNI Moeldoko, program regenerasi harus dilakukan secara inklusif dan kolaboratif guna mempercepat prosesnya.

“Dengan semakin tuanya demografi petani saat ini, terdapat kebutuhan mendesak untuk mendorong generasi muda agar tertarik masuk sektor agraris sebagai pilihan karir,” kata Moeldoko di Kantor KSP Binagraha, Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (9/5/2024).

Moeldoko menjelaskan, tujuan program yang digagas KSp berguna mencetak petani-petani muda yang adaptif dengan berbagai metode pertanian seperti permaculture, pertanian ramah lingkungan, penggunaan teknologi sederhana yang tepat guna, hingga pertanian pintar yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT).

“Pogram ini harus memiliki dampak langsung dalam meningkatkan jumlah petani muda yang berkompeten dan inovatif, sehingga dapat berkontribusi pada revitalisasi sektor pertanian Indonesia,” jelas dia.

Moeldoko meyakini, munculnya perusahaan-perusahaan baru yang dikelola petani muda dapat menjadi katalis bagi generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian.

“Sebab, sektor pertanian adalah ladang keuntungan yang menarik dan memiliki potensi pengembangan yang signifikan adalah esensial. Terutama dengan penerapan teknologi terkini,” kata Panglima TNI (2013-2015) ini.