Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemerintah Singapura memantau dengan saksama gelombang baru infeksi Covid-19 di negara pulau ini setelah perkiraan jumlah kasus mingguan meningkat hampir dua kali lipat pada pekan yang berakhir pada 11 Mei.

Pemerintah “secara cermat melacak lintasan gelombang ini,” kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu. Dikatakan bahwa perkiraan jumlah kasus Covid-19 meningkat hampir dua kali lipat menjadi 25.900 pada minggu 5-11 Mei, dibandingkan dengan 13.700 pada periode sebelumnya.

Rata-rata rawat inap harian Covid-19 naik menjadi sekitar 250 dari 181 pada periode yang sama, kata kementerian itu. Kementerian Kesehatan meminta rumah sakit umum untuk mengurangi kasus bedah elektif yang tidak mendesak, dan memindahkan pasien yang sesuai ke fasilitas perawatan untuk melindungi kapasitas tempat tidur rumah sakit.

“Kami berada di bagian awal dari gelombang yang terus meningkat,” kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung, menurut laporan Straits Times.

“Gelombang ini akan mencapai puncaknya dalam dua hingga empat minggu ke depan, yang berarti antara pertengahan dan akhir Juni,” tambah Ong.