Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sama sekali enggan mempertimbangkan untuk mundur dari pencalonan presiden, meskipun penampilannya buruk selama debat pertama melawan Donald Trump.

“Ia memahami bahwa wajar bagi orang untuk menanyakan pertanyaan itu,” kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada media pada Rabu, seperti dikutip TRT World, Kamis (4/7/2024).

“Presiden berpikiran jernih, dan ia akan tetap bertahan dalam pencalonan,” imbuh Jean-Pierre.

Dia menambahkan bahwa ia “tidak dapat menyampaikan sesuatu yang akan mengubah pikiran presiden.”

Biden menelepon anggota tim kampanyenya yang khawatir dan memberi tahu mereka bahwa ia tidak akan ke mana-mana, menurut kantor berita AP, mengutip sumber.

“Biarkan saya katakan ini sejelas mungkin, sesederhana dan sejelas mungkin: Saya mencalonkan diri tidak ada yang mendorong saya keluar,” kata Biden dalam panggilan telepon dengan staf dari kampanye pemilihannya kembali.

“Saya tidak akan pergi. Saya akan terus berjuang sampai akhir, dan kita akan menang,” ujar Biden.

Kepala Staf Gedung Putih Jeff Zients juga mengadakan panggilan telepon dengan staf Gedung Putih yang putus asa pada hari Rabu, mengakui bahwa beberapa hari ini merupakan hari-hari yang penuh tantangan sekaligus menekankan bahwa tim Biden memiliki rekam jejak yang patut dibanggakan dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Pada Rabu, Perwakilan Raul Grijalva menjadi anggota parlemen Demokrat kedua yang secara terbuka meminta Biden untuk mundur dari pemilihan presiden setelah penampilannya yang buruk dalam debat minggu lalu melawan Donald Trump.

“Jika dia kandidatnya, saya akan mendukungnya, tetapi saya pikir ini adalah kesempatan untuk mencari kandidat lain,” kata Grijalva kepada The New York Times.

Pada Selasa, Anggota Kongres Lloyd Doggett menjadi anggota parlemen Demokrat pertama yang secara terbuka meminta Biden untuk memberi jalan bagi kandidat lain, dengan mengatakan bahwa ia berharap presiden akan “mengambil keputusan yang menyakitkan dan sulit untuk mundur.”