Jakarta, ERANASIONAL.COM – Barack Obama memberikan pujian atas langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyatakan mundur dari pemilihan umum tahun ini. Obama, pria kulit hitam pertama yang menjadi presiden AS, menyebut Biden sebagai “seorang patriot dengan derajat tertinggi.”

“Joe lebih memahami daripada siapa pun pertaruhan dalam pemilihan ini — bagaimana semua yang telah ia perjuangkan sepanjang hidupnya, dan semua yang diperjuangkan Partai Demokrat, akan terancam jika kita mengizinkan Donald Trump kembali ke Gedung Putih dan memberikan kendali Kongres kepada Partai Republik,” tulis Obama dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan sekitar dua jam setelah pengumuman Biden dan dukungan lanjutannya terhadap Wakil Presiden Kamala Harris.

Biden membuat pengumuman mengejutkan pada hari Minggu, bahwa ia tidak akan lagi maju di pemilu AS 2024. Pengumuman ini mengakhiri spekulasi dan kontroversi selama berminggu-minggu atas posisinya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Presiden Anda,” tulis Biden dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan keputusannya.