Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) ketika seluruh infrastruktur dinyatakan rampung.

“Kita tunggu ya dan Pak Bas [Menteri PUPR] sudah memberikan sinyal atas kesiapannya,” kata Moeldoko, Senin (22/7/2024).

Menurut dia, kepastian Jokowi akan memulai pemerintahan dari kawasan IKN hanya menunggu update pembangunan dari pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Otoritas IKN, Basuki Hadimuljono. Toh, kata dia, pembangunan IKN masih terus digenjot terutama dalam persiapan perpindahan pemerintahan dan pelaksanaan upacara HUT RI.

Soal Upacara Kemerdekaan, Moelodoko memastikan tak ada perubahan rencana dari pernyataan pemerintah dalam beberapa bulan terakhir. Peringatan 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan pada dua lokasi yaitu Istana Negara dan Kawasan IKN.

Rencananya, Jokowi akan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melaksanakan upacara HUT RI di IKN. Sementara upacara di Istana Negara, Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.