“Anda pasti akan mewawancarai saya tentang ‘Mengapa Nancy Pelosi berkata ‘Mengapa demikian…'” kata presiden, sebelum berhenti berbicara.

‘Dia Siap’

Pelosi memuji “kecerdasan politik” dari Wakil Presiden AS Kamala Harris, yang berhasil mengamankan nominasi presiden dari Partai Demokrat setelah Biden mundur. “Dia siap,” kata Pelosi di MSNBC.

Biden dan Harris berencana untuk berkampanye di Maryland pada 15 Agustus, penampilan bersama pertama mereka sejak pencalonan pemilu diatur ulang.

Meskipun Biden menggambarkan keputusannya sebagai upaya untuk menyatukan negara di bawah generasi pemimpin yang lebih muda, ia terus-menerus mendapat tekanan dari partainya sendiri untuk mengambil langkah tersebut.

“Kami harus, kami harus, kita harus mengalahkan Trump,” kata Biden, 81, dalam wawancara dengan CBS yang direkam minggu lalu.

Mundurnya Biden dari pencalonan membuatnya menjadi presiden AS yang masih menjabat pertama yang tidak mengejar masa jabatan kedua sejak 1968, ketika sesama calon dari Partai Demokrat Lyndon Baines Johnson mengatakan ia tidak akan menerima pencalonan partainya.

Hal ini mengikuti persaingan pada 2024 yang sudah penuh gejolak di mana Trump menjadi mantan presiden pertama yang dihukum atas tindak pidana berat. Trump kemudian selamat dari upaya pembunuhan oleh seorang pria bersenjata yang pelurunya sempat mengenai telinganya.

Biden membahas keputusannya untuk mundur dalam pidato pada 24 Juli dari Oval Office, dengan mengatakan bahwa ia telah “memutuskan cara terbaik ke depan adalah menyerahkan tongkat estafet kepada generasi baru.” Ia bersikeras bahwa ia akan menyelesaikan masa jabatannya dan akan tetap “fokus pada melakukan pekerjaan saya sebagai presiden.”