Jakarta, ERANASIONAL.COM – Disaat pemerintah gencar perangi tindak pidana perdagangan orang (TPPO), salah satu oknum pegawai Kantor Imigrasi Tangerang diduga terlibat memuluskan langkah agen perjalanan untuk memberangkatkan tenaga kerja ilegal ke Kamboja.

Sebelumnya, salah satu korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus lowongan kerja di Kamboja, MR, mengaku adanya bantuan dari pihak agen atau calo di kantor Imigrasi Tangerang dalam pembuatan paspor. Sehingga mereka lolos dan dengan mudah mendapatkan paspor.

“Sesampainya di Imigrasi Tangerang, kami dijemput dua orang, salah satunya dari agen perjalanan itu. Kemudian kami diarahkan saat ditanya diminta menjawab keperluannya jalan-jalan bukan untuk kerja,” kata MR kepada Eranasional, Senin (12/8/2024).

MR mengaku dia tak mengikuti prosedur pada umumnya seperti antri dan cek berkas di loket. Begitu tiba, MR langsung masuk ke ruang foto dan hanya ditanya negara tujuannya.

“Enggak ada berkas-berkas asli seperti KK dan KTP aslinya yang diminta sama mereka. Kami juga tidak antri diloket, tapi langsung masuk,” ucap dia.

MR berangkat dengan menggunakan jasa agen perjalanan Sejahtera Permata Holiday yang beralamat di Jalan Taman Surya 3 No.22, Kalideres, Jakarta Barat.

Hal yang sama juga dialami korban lainnya, CL. Bahkan CL mengaku pihak imigrasi Tangerang juga merubah data pribadinya.

Hingga berita ini diturunkan, Kantor Imigrasi Tangerang masih belum merespons kabar tersebut.