“Hasil survei ini perlu ditindaklanjuti case by case terutama yang sudah mengisi depresi berat/ingin mengakhiri hidup agar segera dicarikan jalan keluar terbaik,” kata Ngabila.

Bagi mereka yang lapor, Kemenkes menjamin kerahasiaan identitas, serta keamanan pelapor. Mereka serius, ingin menuntaskan permasalahan bullying yang selama ini marak di kalangan dokter.

“Jaminan dijaga privasi pelapor, jaminan kesehatan fisik, jaminan kesehatan mental, jaminan keamanan, dan jaminan tidak mendapat perlakuan serupa di kemudian hari. Perlu di follow up case by case sampai permasalahan benar tuntas dan tidak terjadi kembali,” kata Ngabila.

Sementara itu, layanan pelaporan terkait perundungan ini sudah dibuka Kemenkes sejak 2023. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Kesehatan No 1512 Tahun 2023, tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan Terhadap Peserta Didik pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Mereka sadar, akan besarnya relasi kuasa antara senior dan junior. Selalu ada rantai yang tak terputus, junior akan punya kecenderungan membalas dendam dan melakukan hal yang sama yang pernah ia alami.

“Perundungan terjadi akibat power berlebih dari senior yang besar perannya dalam menentukan nasib pendidikan junior, mayoritas ada unsur balas dendam terhadap perlakukan yang sebelumnya juga dialami,” tutup Ngabila.