Jakarta, ERANASIONAL.COM – Rasa lapar menjadi isyarat tubuh membutuhkan lebih banyak makanan. Saat merasa lapar, perut akan terasa kosong dan mungkin kamu akan sulit berkonsentrasi.

Kebanyakan orang merasa lapar beberapa jam sebelum waktu makan selanjutnya. Namun, ada juga orang-orang yang begitu mudah merasakan lapar. Alasan kenapa mudah lapar bisa mencakup aspek fisiologis, psikologis, dan kebiasaan sehari-hari.

10 Alasan Kenapa Mudah Lapar

Merasa mudah lapar bisa menjadi tanda kekurangan gizi, stres, hingga kurang tidur. Menurut Healthline dan Cleveland Clinic, berikut penjelasannya.

1. Tidak Mengonsumsi Cukup Protein
Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh selain karbohidrat dan lemak untuk mendapatkan energi. Sehingga, mengkonsumsi protein cukup penting untuk mengelola nafsu makan.

Sebuah penelitian menyatakan, protein memiliki beberapa sifat yang bisa mengurangi rasa lapar. Misalnya, protein bisa membantu mengurangi jumlah ghrelin atau hormon lapar.

Selain itu, mengkonsumsi protein yang cukup juga bisa meningkatkan produksi hormon PYY dan GLP-1. Keduanya berperan dalam mengatur rasa lapar. Sehingga, menyertakan sumber protein dalam setiap makanan yang dikonsumsi bisa mencegah rasa lapar berlebihan.