Jakarta, ERANASIONAL.COM – Polemik gaya hedon putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Komisi Pemberantasi Korupsi (KPK) ikut berkomentar.

Menyikapi hal itu, KPK pun turun tangan untuk mengecek dugaan gratifikasi yang diterima terkait fasilitas jet pribadi itu. Termasuk juga tas mewah yang digunakan oleh istrinya, Erina Gudono.

“Kita berprinsip semua orang berkedudukan sama di depan hukum. Kan begitu. Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur Gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media ya itu diklarifikasi, kan gitu, kan,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan, Selasa (27/8/2024).

“Jadi enggak usah sungkan, enggak usah ragu, bahwa kita melaksanakan tugas. Kalau itu menjadi perhatian publik, menjadi keprihatinan publik juga, ya kita juga harus peka juga, kita harus proaktif, klarifikasi, enggak masalah juga KPK yang kemudian bisa menjelaskan,” jelas dia.

Alex pun berharap keresahan publik terkait dugaan gratifikasi yang diterima oleh Kaesang dan istrinya itu dapat terjawab.

“Tapi, jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung gitu, kan. Ini apa ini kejadiannya, apakah termasuk gratifikasi atau bukan. Siapa yang memberikan fasilitas itu, dan lain sebagainya, itu harus clear,” terang Alex.

“Dan [pimpinan] sudah memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan mungkin juga Direktorat LHKPN karena beberapa dari medsos juga yang menyoroti terkait dengan ya tas-tas mewah gitu, ya,” imbuhnya.