JAKARTA – Upaya untuk mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif, kemanparekraf memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bali pelaku ekonomi kreatif.

penyelenggaraan vaksinasi tersebut dilakukan dengan bekerjasama dengan kementrian kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Homecare 24.

Dalam pelaksanaannya nanti, vaksinasi dilakukan kepada 126 pelaku ekraf dari berbagai subsektor ekonomi kreatif, yakni pelaku film, musik, seni, pekerja bioskop, televisi, radio serta event.

Bagi pelaku ekonomi kreatif, ini merupakan vaksinasi awal dan akan dilanjutkan secara bertahap yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“Kami mengharapkan vaksinasi ini dapat menjadi awal untuk kelanjutan vaksinasi bagi masyarakat pariwisata dan ekraf lainnya yang jumlahnya lebih dari 30 juta,” ujar Menteri Parekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau pelaksanaan proses vaksinasi di Grha Persahabatan, Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

Ekonomi kreatif memiliki multiplier effect yang tinggi.

Diharapkan dengan bergerak kembalinya sektor ini dapat memberi harapan baru bagi momentum bangkitnya perekonomian Indonesia.

“Banyak karya dari pelaku ekonomi kreatif merupakan kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya di masa pandemi, terutama kebutuhan akan informasi dan hiburan,” ujar Sandi.