Presiden AS, Joe Biden. Foto: (NYT)

BALI, Eranasional.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, tidak mungkin rudal yang jatuh dan mengakibatkan korban jiwa di Polandia, ditembakkan dari dalam wilayah Rusia.

“Ada informasi awal yang membantah itu. Saya tidak ingin mengatakannya hingga kita benar-benar menyelidikinya,” kata Biden kepada wartawan di sela-sela menghadiri KTT G20 di Bali, Rabu (16/11/2022).

Merespons rudal jatuh di Polandia, Biden menggelar rapat bersama pemimpin negara G7 di sela KTT Bali.

Biden menggelar rapat darurat. Hadir dalam rapat tersebut di antaranya pemimpin Jerman, Kanada, Belanda, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris.

“Berdasarkan lintasannya sepertinya rudal itu tidak ditembakkan dari Rusia. Tapi kita lihat saja nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Polandia melaporkan bahwa sebuah rudal buatan Rusia jatuh di area pedesaan Polandia, Przewodow, yang lokasinya dekat dengan perbatasan Ukraina. Rudal itu memicu ledakan yang menewaskan sedikitnya dua orang.

“Pada pukul 15.40 (waktu setempat) di desa Przewodów di poviat Hrubieszów di Provinsi Lubelskie, sebuah rudal buatan Rusia jatuh, menewaskan dua warga Republik Polandia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia, Lukasz Jasina.

Tidak dijelaskan lebih lanjut jenis rudal atau dari arah mana rudal itu diluncurkan.