Ilustrasi (Foto: Net)

Eranasional.com – Hari Pers Nasional (HPN) diperingati tanggal 9 Februari setiap tahunnya. HPN ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 oleh Presiden RI ke-2, Soeharto.

Hari Pers Nasional memiliki sejarah yang erat hubungannya dengan sejarah pers nasional, yakni dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Berikut ulasan lengkap Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Berawal dari Sejarah Pers Indonesia

Sejarah Hari Pers Nasional berawal dari sejarah pers nasional sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan. Melansir situs Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kala itu wartawan memiliki dua peran sekaligus dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Pertama, wartawan sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan demi membangkitkan kesadaran nasional.

Kedua, wartawan sebagai aktivis politik yang melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan membangun perlawanan rakyat terhadap penjajah.

Sejarah Pers Nasional di Awal Kemerdekaan RI

Setelah masa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, wartawan Indonesia masih melakukan peran ganda mereka sebagai aktivis pers sekaligus aktivis politik. Di masa kemerdekaan Indonesia, kedudukan dan peranan wartawan khususnya, dan pers pada umumnya, mempunyai arti strategik sendiri dalam upaya lanjutan demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.