Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jalan bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

Awiek, panggilan akrabnya mengakui bahwa Erick Thohir memiliki hubungan yang baik dengan PPP. Ketua Umum PSSI itu beberapa kali hadir di acara internal PPP.

“PPP dalam beberapa kesempatan menghadirkan Pak Erick Thohir untuk menyapa kader-kader kami. Ada semacam kedekatan emosional, tapi tentu nanti keputusan resminya menunggu mekanisme internal partai kami,” terangnya.

Sedangkan nama Ganjar Pranowo, ungkap Awiek, beberapa DPW PPP mengusulkan agar diusung menjadi capres. Kembali lagi dia katakana, keputusannya menunggu hasil Mukernas PPP mendatang.

“Beberapa DPW PPP menyebut nama Pak Ganjar. Tentu selain itu ada tokoh-tokoh lainnya. Nanti akan kita padukan dan putuskan melalui mekanisme internal partai kami,” ujar Awiek.

Sementara itu, Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya menyatakan menghargai usulan dari partai lain yang tergabung di KIB. Namun, dia menegaskan, Golkar akan tetap mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto.

“Sesuai mandat Musyawarah Nasionanl (Munas) Partai Golkar beberapa waktu lalu, kami mengusung ketua umum kami,” kata Tantowi Yahya, Selasa (28/2/2023).

Kata dia, Golkar tidak dalam posisi untuk mengintervensi PAN dan PPP. Setelah nama bakal capres per partai direkomendasikan, barulah setelah itu capres-cawapres akan dibahas bersama dalam KIB.

“Golkar tidak dalam posisi untuk intervensi ranah internal partai lain. Bila nanti semua sudah ada rekomendasi nama, barulah KIB akan duduk bersama untuk merumuskan siapa yang akan diusung bersama dari calon-calon yang ada,” terangnya.

“Saat ini pembahasan internal KIB lebih fokus pada visi dan misi koalisi, sesuatu yang patut diketahui oleh rakyat. Harus ada diferensiasi jelas antara KIB dengan koalisi-koalisi lainnya,” sambungnya.