Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jalan bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

JAKARTA, Eranasional.com – Partai Amanat Nasional (PAN) mewacanakan duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024. PPP sebagai sesama anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyambut baik duet tersebut, tapi tidak dengan Partai Golkar.

Golkar menyatakan belum melirik Ganjar-Erick karena tetap ingin menyalonkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres).

Wacana duet Ganjar-Erick digelontorkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam pidatonya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN. Zulkifli berpanting dan menyinggung nama Ganjar dan Erick Thohir yang keduanya hadir di acara tersebut.

“Jalan-jalan ke Simpang Lima. Jangan lupa membeli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama. Insya Allah Indonesia bertambah jaya,” ucap Zulkifli Hasan di akhir pidatonya di acara Rakornas PAN yang digelar di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2).

Rakornas PAN itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan juga dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi keinginan PAN menduetkan Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sesama anggota KIB, menyambut baik wacana tersebut. Namun untuk kepastiannya, PPP masih menunggu keputusan Musyawarah Kerja Nasionanl (Mukernas).

“Sebagai sebuah aspirasi yang disampaikan PAN sah-sah saja. Barangkali ada kemungkinan kesamaan dengan koalisi yang lain,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, Senin (27/2).