Deputi Bidang Penindakan KPK Irjen Karyoto diangkat oleh Kapolri sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran yang digeser ke posisi Kabaharkam.

Mutasi di internal tubuh Polri ini tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/713/III/Kep/2023 tanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Pramono. Totalnya ada 473 personel Polri yang dimutasi.

Sebagai informasi, hingga saat ini Karyoto menjabat sebagai Deputi Bidang Penindakan KPK. Dia telah diusulkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri untuk kembali berkarir di Polri sejak 2022.

Ada sejumlah kasus besar yang ditangani KPK selama Karyoto menjabat sebagai Deputi Penindakan, antara lain kasus suap Edhy Prabowo (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan), kasus suap Juliari Batubara (mantan Menteri Sosial), dan kasus suap dan gratifikasi Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

Kasus lainnya yaitu dugaan suap yang melibatkan mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming, dan kasus suap Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ardian Noervianto hingga kasus suap yang menjerat dua Hakim Agung, Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh. KPK.

Selain Irjen Karyoto, ada 6 Kapolda lainnya yang dimutasi, yaitu Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho, Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika, Kapolda Gorontalo Irjan Angesta Romano Yoyol, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pipit Rismanto, dan Kapolda Sulsel Setyo Boedi Moempoeni.

Sementara itu, tiga perwira tinggi yang mendapatkan promosi di Mabes Polri yakni Irjen Fadil Imran sebagai Kabaharkam, Komjen Purwadi Ariyanto sebagai Kalemdiklat, dan Nanang Chadarusman sebagai Kasetum.

Suyudi Aryo Seto Wakapolda Metro Jaya

Perotasian juga terjadi di posisi Wakapolda Metro Jaya yang sebelumnya dijabat Brigjen Hendro Pandowo kini dijabat oleh Brigjen Suyudi Aryo Seto.

Hendri Pandowo kini menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya.

Suyudi Aryo Seto sebelumnya menjabat sebagai Penyidik Utama di Bareskrim Polri.