Menpora Dito Ariotedjo usai diperiksa penyidik Kejaksaan Agung terkait kasus korupsi proyek BTS BAKTI Kemenkominfo, Senin (3/7/2023). (Foto: Ist/Antara)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menjelaskan asal muasal hartanya senilai Rp162 miliar yang tengah disorot KPK. Katanya, dia dikasih orang tua.

Harta senilai itu terdiri dari empat unit rumah dan satu unit mobil yang dilaporkan ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negara (LHKPN) kepada KPK.

“Dari lima aset, empat di antaranya adalah pemberian orang tua. Jadi memang posisinya hadiah,” kata Dito Ariotedjo, Rabu (19/7/2023).

Dia mengklaim telah menyerahkan bukti kelima aset miliknya yang berasal dari hadiah tersebut ke KPK. Dito memastikan asal muasal aset tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

“Sudah diinput saat menyerahkan LHKPN kok. Memang sekarang ini sedang proses verifikasi di KPK, jangka waktunya 30 hari sejak kita input. Jadi, saat kita input data pelaporan, semua sertifikat dan bukti otomatis wajib diserahkan,” jelasnya.

Dito menyebut dirinya dan istri memang banyak menerima hadiah berupa aset dari orang tua. Dia pun menyadari asal usul kekayaannya itu menjadi polemik begitu diketahuinya nilainya terbilang fantastik.

“Ini menjadi ramai diperbincangkan karena angkanya fantastik, apalagi saya masih muda. Tapi kan kita enggak bisa memilih lahir dari mana,” ujar Dito.