Enrico Setiawan, pengusaha ekspor-impor berencana melaporkan kasus penipuan yang dilakukan patner bisnisnya di Pati, Jawa Tengah. (Foto: Sofyan/Eranasional)

JAKARTA, Eranasional.com – Di masa pandemi COVID-19, kondisi ekonomi di seluruh negara di dunia menurun, tidak terkecuali di Indonesia. Dampak pandemi COVID-19 juga dirasakan Enrico Setiawan, pengusaha muda berusia 30 tahun ini.

Rico, panggilan akrabnya, mengaku telah menggeluti bisnis ekspor-impor produk hasil laut sejak 2019 dibuat pusing bukan kepalang lantaran bisnisnya nyaris mandek di masa pandemi COVID-19.

“Jumlah pemesanan produk saya dari luar negeri anjlok secara drastis,” kata Enrico Setiawan, Kamis (14/9/2023).

Begitu masa pandemi COVID-19 berlalu, Rico langsung berupaya bangkit. Dia menata kembali bisnisnya, mulai mencari investor baru, hingga konsumen baru di luar negeri.

Namun, tekad dan kegigihannya untuk bangkit kembali dihadapkan pada situasi yang sulit. Dia justru mengalami kerugian besar setelah merasa ditipu oleh sebuah perusahaan pengolahan makanan di Pati, Jawa Tengah.

Dirinya harus menanggung kerugian hingga ratusan juta rupiah dan kehilangan pelanggan di luar negeri.

Kejadian ini bermula ketika Rico menjalin kerja sama dengan CV ALJINDO yang dipimpin oleh seorang pengusaha berinisial RZ pada Mei 2023 lalu.