ERANASIONAL.COM – Setiap manusia pasti ingin berumur panjang. Tentu ada rutinitas yang harus dilakukan, meski pada akhirnya tetap berserah diri pada Allah SWT.

Sebagai manusia kita wajib menjaga kesehatan jasmani dan rohani dengan melakukan rutinitas yang baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Menurut peneliti dan penulis Dan Buettner, ada beberapa penyesuaian sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang hidup sampai usia 100 tahun.

Pada tahun 2004, Buettner mengidentifikasi “Zona Biru” atau “Blue Zone”, yang merupakan wilayah di dunia dengan populasi paling sehat dan rata-rata berumur panjang.

Dengan menggunakan pengamatannya, Buettner mengidentifikasi lima hal spesifik yang dilakukan orang-orang Blue Zone ini yang diyakini dapat memperpanjang usia mereka jauh melebihi orang-orang di wilayah lain.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan:

Pola makan sehat

Dalam unggahan video di Instagram pribadinya, Buettner menguraikan lima rekomendasi teratasnya, dimulai dengan mengonsumsi makanan utuh dan mengikuti pola makan nabati.

Dalam postingan di situs Blue Zones, Buettner mengatakan bahwa 95 persen makanan yang kita makan sebaiknya berasal dari tumbuhan atau produk tumbuhan.

Membatasi protein hewani juga merupakan hal yang penting, karena masyarakat di Blue Zone mengonsumsi daging jauh lebih sedikit dibandingkan orang-orang di belahan dunia lainnya.

Makanan tambahan lainnya di antaranya sekitar tiga ons ikan setiap hari, meminimalkan produk susu, makan tidak lebih dari tiga butir telur per minggu, membatasi gula, men-camil kacang-kacangan, dan makan setidaknya setengah cangkir kacang matang setiap hari.