Jakarta, ERANASIONAL.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan 1 Tahun 2024. Mendikbudristek Nadiem Makarim menilai SJI merupakan program yang sangat relevan untuk memperkuat kualitas jurnalisme di Indonesia.

“Di era modern seperti saat ini, teknologi telah mengubah segala aspek dalam sektor jurnalisme dan harus berkompetisi dengan teknologi artificial intelligence (AI). Program SJI sangat diperlukan untuk menguatkan integritas dan pemikiran kritis di kalangan wartawan, serta mengembangkan kemampuan menulis yang baik guna memperkuat kualitas jurnalisme Indonesia,” kata Nadiem melalui keterangan tertulis, Jumat, 9 Februari 2024.

Nadiem menekankan program SJI sejalan dengan visi gerakan Merdeka Belajar. Dia menyebut di era seperti ini, informasi sudah sangat berlimpah.

Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan berpikir kritis dan tingkat literasi tinggi untuk bisa menganalisis dan menginterpretasi informasi dengan matang, lalu menyajikan berita yang sesuai dengan informasi yang ada.