Tiga jembatan yang dimaksud adalah jembatan digital, jembatan infrastruktur dan jembatan gelembung perjalanan.

Jembatan digital antara Indonesia dan Singapura diharapkan dapat terwujud dengan hadirnya Batam sebagai pusat pengembangan data center dan pusat pengembangan industri digital di Indonesia.

Seperti diketahui, pada 2 Maret 2021, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Taman Digital Nongsa diresmikan di Batam.

KEK Nongsa Digital Park diharapkan menjadi pintu masuk bagi perusahaan Teknologi Informasi internasional dari Singapura dan luar negeri.

Menko Airlangga menjelaskan, “KEK Nongsa Digital Park diharapkan dapat menghemat devisa di bisnis digital hingga Rp 20-30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional. Selain itu, Singapura dan Indonesia juga akan memprioritaskan. pelatihan kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Teknologi Informasi.”

Sementara itu, jembatan infrastruktur akan dimulai dengan pembangunan jembatan Batam – Bintan atau jembatan Babin sepanjang 6,4 km pada tahun 2022.

Nantinya, jembatan Batam – Bintan akan memiliki deretan jalan sepanjang 100 meter dan terbagi menjadi tiga jalur yaitu Pulau Batam. rute, rute Pulau. Trase Tanjungsauh dan Bintan.