Jakarta, ERANASIONAL.COM – Polda Metro Jaya mengungkapkan pelanggar paling banyak adalah pengendara motor dan dari kalangan anak muda. Catatan ini dihumpun mulai Januari hingga September 2024

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Djati Wiyoto Abadhi mengatakan pelanggaran-pelanggaran itu meliputi penggunaan helm yang tidak sesuai dengan standar, pelanggaran batas kecepatan, penggunaan ponsel saat berkendara serta di bawah pengaruh alkohol dan narkoba. Rinciannya adalah 265.213 tilang dan 2.093.712 teguran.

“Dominasi pelanggaran lalu lintas ini terutama berasal dari kendaraan roda dua, dengan catatan 145.351 pelanggar, yang mayoritas berasal dari kalangan usia produktif, yaitu antara 16 hingga 30 tahun,” kata Djati di Mapolda Metro Jaya saat pimpinan upacara Operasi Zebra 2024, Kamis (15/10/2024).

Maka itu dalam Operasi Zebra yang digelar hingga 27 Oktober 2024, polisi menitikberatkan penertiban pada pengendara dalam rentang usia tersebut.

“Semoga dengan pendekatan yang lebih humanis dan simpatik, diharapkan dapat membangun simpati dan kepercayaan masyarakat terhadap polisi lalu lintas guna menciptakan suasana berlalu lintas yang aman dan tertib,” sambungnya.

Operasi ini bertujuan untuk menertibkan pengendara menjelang hingga setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada tanggal 20 Oktober mendatang.