Eranasional.com, Sukabumi – Shalat dhuha merupakan salat sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Shalat dhuha dilaksanakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu salat zuhur. Tata cara salat dhuha sama seperti salat sunah pada umumnya dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Mengerjakan salat dhuha secara rutin memiliki berbagai keuntungan bagi kehidupan dunia dan akhirat. Manfaat salat dhuha secara rutin bisa membantu menghapus dosa hingga menyehatkan tubuh.

Salat dhuha yang dikerjakan dengan ikhlas secara rutin dapat melimpahkan keberkahan. Manfaat salat dhuha secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara meneladani Rasulullah SAW. Berikut 7 manfaat salat dhuha dilansir Liputan6.com

Salat dhuha secara rutin dapat membantu menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Bahkan diibaratkan salat duha mampu menghapus dosa meski banyak seperti buih di lautan. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

“Siapa yang membiasakan salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Riwayat lain juga menjelaskan mengenai manfaat salat dhuha:

“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud).