3. Menggerakkan gigi

Mengepalkan atau menggertakkan gigi saat tidur, suatu kondisi yang disebut bruxism, dapat meningkatkan risiko sakit kepala di pagi hari. Biasanya, menggertakkan gigi memicu sakit kepala tegang, kata Dr. Pearson.

Menggertakkan gigi sepanjang malam membuat otot-otot di leher, rahang, dan wajah Anda tegang. Jika ketegangan ini menjalar ke kepala, hal itu dapat menimbulkan rasa sakit.

“Penting untuk mendiskusikan gejala-gejala ini dengan dokter gigi Anda, yang mungkin akan merekomendasikan pelindung gigitan, terapi fisik untuk rahang Anda, atau pengobatan,” katanya.

4. Migrain

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa waktu migrain di pagi hari mungkin terkait dengan ritme sirkadian, alias jam internal tubuh yang berlangsung selama 24 jam.

“Migrain dan jam sirkadian bawaan kita berasal dari bagian otak kuno yang disebut hipotalamus,” kata Dr. Pearson.

Banyak hal yang memicu migrain, seperti cahaya, olahraga, waktu makan (atau melewatkannya), dan perubahan suhu, juga dapat mengacaukan ritme sirkadian Anda.

Jika mengalami migrain, akan sangat membantu jika mematuhi jadwal yang teratur (misalnya, tidur, bangun, dan makan pada waktu yang sama setiap hari) untuk membantu menghindari migrain, kata dia.