Mahendra Dito Sampurno alias DIto Mahendra (bermasker) diperiksa penyidik KPK, Senin (6/2/2023), terkait kasus TPPU mantan Sekretaris MA Nurhadi.

JAKARTA, Eranasional.com – Mahendra Dito Sampurno alias Dito Mahendra, diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

Dito Mahendra telah hadir pada Senin (6/2) kemarin. Kedatangan kekasih penyanyi Nindy Ayunda tersebut setelah tiga kali mangkir dari panggilan KPK. KPK menduga Dito menerima aliran dana dari Nurhadi.

Sebelumnya, Dito Mahendra disorot publik karena melaporkan Nikita Mirzani dan membuat artis tersebut sempat mendekam di penjara Lapas Serang, Banten.

Kronologi Kasus Dito Mahendra

Nurhadi adalah terpidana kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA. Usai perkara itu divonis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), KPK mengendus Nurhadi menyamarkan harta kekayaan yang didapat dari hasil korupsi. Dito disebut-sebut ada kaitannya dengan kasus suap Nurhadi itu.

“Kami mendalami antara lain pengetahuan saksi ini (Dito Mahendra) mengenai dugaan adanya aliran dana berkaitan dengan tersangka Nurhadi dan kawan-kawan,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2023).

Dalam pemeriksaan Dito tersebut, penyidik mengonfirmasi aset yang diduga masih berkaitan dengan Nurhadi termasuk di antaranya adalah kepemilikan satu unit mobil. Kendaraan itu adalah sebagian aset yang bisa disampaikan KPK pada publik.

“Satu di antaranya adalah kepemilikan kendaraan mobil,” ungkapnya.

Dito Mahendra usai diperiksa penyidik KPK kasus TPPU mantan Sekretaris MA Nurhadi, Senin (6/2/2023).

Saat ini proses penyidikan masih terus dilakukan. KPK menilai keterangan yang diberikan Dito termasuk penting terkait kasus Nurhadi.