Pemungutan suara ini menghadapkan mitra-mitra Prancis di Eropa pada risiko partai Le Pen mengambil kendali legislatif untuk pertama kalinya. Hal itu akan mengancam respons Macron terhadap perang di Ukraina dan upayanya untuk mengekang defisit anggaran, serta berdampak pada hubungan Eropa dengan China dan AS di tengah potensi kembalinya Donald Trump ke Gedung Putih.

Jajak pendapat menunjukkan Partai National Rally yang menaungi Marine Le Pen memiliki keunggulan substansial menuju putaran pertama pemungutan suara pada 30 Juni. Namun, sistem dua putaran di Prancis berarti partai-partai yang bersaing dapat bersatu untuk menghalangi jalan kelompok sayap kanan dalam pemungutan suara kedua pada 7 Juli.

Obligasi pemerintah Prancis naik ke level tertinggi dalam sesi setelah pengumuman itu, dengan imbal hasil 10-tahun turun ke 3,20%. Angka ini telah melonjak lebih dari 10 basis poin minggu ini setelah seruan Macron untuk pemungutan suara yang dipercepat mengguncang kepercayaan investor. Angkanya menyentuh level tertinggi 3,33% pada Selasa, tertinggi sejak November.

Indeks CAC 40 Prancis naik 0,6% pada pukul 1:43 siang, menambah kenaikan dari sebelum Macron mulai berbicara.

Macron mengatakan dia akan menunjuk seorang perdana menteri seperti yang disyaratkan konstitusi setelah pemilu, tetapi mendesak para pendukungnya untuk tidak menyerah pada gagasan bahwa orang tersebut pasti merupakan seseorang yang berasal dari partai Le Pen.

“Sehari setelah pemilu ini saya harus menarik kesimpulan, sesuai tuntutan konstitusi, dan memilih perdana menteri,” katanya. “Tetapi itu bukan berarti menyerahkan kunci kekuasaan. Hal ini memungkinkan kelompok politik yang akan dipilih oleh Prancis untuk memerintah.”

Di bawah kerangka konstitusi Prancis, pemilihan perdana menteri adalah hak prerogatif presiden. Namun, sudah menjadi praktik umum bahwa kepala negara memilih seseorang dari mayoritas parlemen yang baru. Hal itu terjadi pada tahun 1997, 1993, dan 1986, ketika badan legislatif dan kepresidenan dikendalikan oleh partai yang berbeda.

Macron mengatakan kemungkinan adanya perdana menteri dari sayap kanan sebagai insentif tambahan bagi rakyat Prancis untuk terlibat dalam proses politik. “Jika masyarakat takut akan hal itu, sekarang waktunya untuk bangun,” katanya.

Macron menyampaikan pendapatnya secara luas mengenai apa yang disebutnya sebagai kelompok sosial demokrat dan kelompok republik yang berhak bersekutu dengan kelompok sentrisnya untuk menghasilkan mayoritas. Dia mengatakan upaya untuk membentuk aliansi di sayap kanan dan sayap kiri dipenuhi dengan kontradiksi kebijakan, seperti reformasi pensiun dan dukungan untuk Ukraina.

Dia menetapkan lima bidang kebijakan utama, mulai dari meningkatkan ekonomi hingga berinvestasi dalam layanan publik dan kemandirian militer. Ketika dia berusaha menarik pemilih sayap kanan, dia memulai dengan fokus pada peningkatan keamanan dan respons tegas terhadap kejahatan, mengurangi imigrasi ilegal, dan memastikan hukum agama tidak melampaui hukum negara.

Presiden sebelumnya telah memfokuskan kebijakan ekonominya pada langkah-langkah yang dia katakan akan meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat keuangan publik, seperti menaikkan usia pensiun dan memangkas tunjagan kesejahteraan pengangguran. Namun Le Pen telah menangkap kekhawatiran tentang biaya hidup untuk meningkatkan popularitasnya selama dua tahun terakhir.

“Warga negara kita telah mengirimkan pesan yang jelas bahwa kehidupan mereka belum cukup membaik,” katanya. “Oleh karena itu, kekuatan mayoritas harus membangun tanggapan konkret tentang hal ini dan perdana menteri telah mulai menangani hal itu, tentang biaya energi, daya beli dan pekerjaan yang harus dibayar lebih baik.”

Meskipun komentar Macron mungkin telah menstabilkan pasar dalam jangka pendek, pertanyaan tentang masa depan politiknya kemungkinan akan kembali jika Le Pen benar-benar muncul dalam pemilu bulan depan dengan kekuatan yang lebih kuat.