Di saat yang sama, mengonsumsi telur setiap hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis, khususnya pada orang lanjut usia.

4. Membantu menurunkan berat badan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengonsumsi telur saat sarapan dapat menahan rasa lapar hingga waktu makan siang. Hal ini dapat membantu menekan nafsu makan, sehingga tidak makan secara berlebihan pada waktu berikutnya.

Karena itu, telur kerap menjadi bagian dari menu diet untuk menurunkan berat badan.

5. Menjaga kesehatan mata
Sebagaimana yang telah dijabarkan, telur mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa di antaranya yakni vitamin A, zinc, serta antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin biasanya terkumpul pada retina mata dan berperan untuk melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa penelitian juga menemukan lutein dan zeaxanthin berperan penting melindungi mata dari risiko katarak dan degenerasi makula.

6. Memperkuat imun tubuh
Telur juga mengandung asam amino yang dapat mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh. Kuning telur juga mengandung glikopeptida tersulfonasi, yakni zat yang membantu merangsang produksi makrofag.

Makrofag adalah sel-sel kekebalan pada sistem imun tubuh yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi.