Ilustrasi (Foto: Getty Images)

JAKARTA, Eranasional.com – Sepanjang bulan September 2023 ini akan terjadi berbagai macam fenomena langit. Salah satunya adalah hujan meteor di Indonesia.

Menurut situs Langit Selatan, ada beberapa fenomena hujan Meteor di Indonesia yang terjadi pada bulan September 2023. Berikut prakiraan waktu terjadinya:

Hujan Meteor Aurigid

Dimulai tanggal 28 Agustus-5 September 2023, hujan Meteor Aurigid yang berasal dari pecahan Komet Kiess (C/1911 N1) akan mencapai puncak pada tanggal 1 September.

Hujan Meteor ini tampak datang dari rasi Auriga yang terbit pukul 01.33 WIB. Bagi pengamat yang arah horisonnya terhalang pohon atau bangunan, pengamatan bisa dilakukan sekitar pukul 03.00 WIB saat rasi Auriga sudah lebih tinggi di ufuk timur.

Saat maksimum, pengamat bisa melihat 6 Meteor per jam. Untuk tahun 2023, Bulan cembung besar masih terang sepanjang malam sehingga bisa menjadi tantangan dalam berburu Meteor. Pengamatan ini bisa dilakukan sampai tanggal 5 September 2023.

Hujan Meteor Epsilon Perseid

Dimulai tanggal 5-12 September 2023, hujan Meteor Epsilon Perseid yang berasal dari debu Komet Swift-Tuttle tersebut akan mencapai puncaknya tanggal 9 September.

Hujan Meteor ini tampak datang dari rasi Perseus dan saat puncak menghasilkan 5 Meteor setiap jam yang bergerak dengan kecepatan 64 km per jam.