Kapolda Aceh Ahmad Haydar Baagil Assegaf. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Seorang keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia sebagian besar akan memilih menjadi pendakwah. Namun berbeda dengan Ahmad Haydar Baagil yang memilih untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi anggota Polri.

Untuk diketahui, Irjen Ahmad Haydar Baagil yang kini menjabat sebagai Kapolda Banten, memiliki darah keturunan Nabi Muhammad SAW dari garis Ali bin Abi Thalib dan Fatimah binti Muhammad.

Karena pilihannya itu, membuat anggota polisi lain yang bertugas di Polda Aceh menjadi segan dan menaruh rasa hormat setinggi-tingginya kepada Habib Haydar, panggilan akrabnya.

Selain karena jabatannya sebagai Kapolda Aceh, ia dihormati juga karena nasabnya.

Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @masabib93 memperlihatkan Habib Haydar sedang menyalami semua anggotanya di Polda Aceh.

Anggota Polri di Provinsi Aceh mencium tangan Irjen Ahmad Haydar Baagil Assegaf. (Foto: Ist)

Selain memberikan hormat alat polisi, para anggota Polda Aceh juga bergantian mencium tangan Habib Haydar.

“Satu-satunya Kapolda keturunan habib, Irjen Pol. Drs. Al-Habib Ahmad Haydar Baagil Assegaf, SH, MM, sekarang menjabat sebagai Kapolda Aceh,” tulis keterangan video di akun TikTok tersebut.

Irjen Haydar merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1988 dan berpengalaman di bidang reserse.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Aceh, pada tahun 2020 mengemban amanah sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.